Tinjau Pos Pam, Polri Paparkan Upaya Wujudkan Mudik Aman dan Sehat

    Tinjau Pos Pam, Polri Paparkan Upaya Wujudkan Mudik Aman dan Sehat

    Jakarta - Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono meninjau persiapan Polda Jawa Barat dalam pengamanan mudik lebaran 2022 di Pos Pengamanan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (25/04/2022).

    Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan dari hasil tinjauan, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono telah melihat kesungguhan Polda Jabar agar para pemudik aman, nyaman dan sehat sampai kampung halaman.

    Kendati belum terlihat adanya kepadatan kendaraan dari pantauan udara melalui helikopter, namun Polda Jabar sudah menyiapkan beberapa langkah antisipasi dan inovasi. Jenderal bintang dua ini memaparkan bila terjadi kepadatan, maka pihak kepolisian akan melakukan diskresi mulai dari kontraflow, oneway hingga pemberlakuan ganjil genap.

    "Namun apabila masih bisa dilakukan secara normal akan kami lakukan secara normal, " kata Dedi dalam keterangnya usai mendampingi Wakapolri.

    Kemudian lanjut mantan Kapolda Kalimantan Tengah itu berujar bahwa inovasi yang dilakukan pihak kepolisian dengan menyiapkan pom mini mobile. Hal itu untuk mengantisipasi adanya kendaraan yang kehabisan bensin di jalan tol.

    "Kami sudah menyiapkan untuk mengantarkan bensin darurat secara cepat, dan pihak Pertamina pun sudah bekerja sama untuk mempersiapkan, " tandasnya.

    Dedi mengatakan bila terjadi kemacetan di gerbang tol, maka ada penambahan pembukaan gerbang tol. Anggota polisi yang berada di lokasi akan menjemput bola sehingga kemacetan dapat terurai. Demi kenyamanan para pemudik, di Pos Pam Cileunyi juga disiapkan sarana bermain untuk anak-anak.

    "Tidak hanya pos pam Cileunyi saja namun setiap pos pam pelayanan maupun pos pam terpadu seluruhnya disiapkan tempat untuk vaksinasi baik vaksinasi awal, kedua maupun vaksin booster, " ujar Dedi.

    Polri Imbau Pemudik Beristirahat Jika Lelah

    Selain itu kata Dedi, Wakapolri juga berharap kepada masyarakat yang melaksanakan mudik berangkat dengan aman, nyaman dan selamat sampai tujuan, kemudian sampai dirumah kembali selamat dan bebas terpapar Covid-19. 

    "Apabila ada pemudik yang merasa lelah silahkan beristirahat di Pos Pam terpadu dan jangan memaksa untuk mengemudi atau mengendarai apabila sudah merasa lelah karena bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas, " imbaunya.

    Dirinya juga berharap, antisipasi dan inovasi yang dilakukan oleh Polri juga dapat menekan kecelakaan lalulintas serta mengurai kemacetan. Dedi juga mengingatkan sebelum berangkat mudik, masyarakat jangan lupa mengecek kembali rumahnya dengan mencabut elektronik-elektronik yang memang tidak digunakan sementara agar terhindar konsleting listrik. Selain itu kembali mengecek kembali rumah sebelum ditinggal mudik agar dikunci dan menitipkan kepada tetangganya. (SRS)

    RSD

    RSD

    Artikel Sebelumnya

    Dansat Brimob Banten Gelar Doa Bersama Untuk...

    Artikel Berikutnya

    Masuk Tiga Besar Lembaga Negara Dipercaya...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 143

    Postingan Tahun ini: 1141

    Registered: Jul 16, 2020

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 67

    Postingan Tahun ini: 401

    Registered: Jul 11, 2020

    Suhendi

    Suhendi

    Postingan Bulan ini: 50

    Postingan Tahun ini: 69

    Registered: Apr 24, 2022

    Aa Ruslan Sutisna

    Aa Ruslan Sutisna verified

    Postingan Bulan ini: 48

    Postingan Tahun ini: 358

    Registered: Oct 22, 2021

    Profle

    Ryawan Saiyed verified

    Penganiayaan di KM 14, Inilah Klarifikasi TBBR Kota Palangka Raya
    Nyabu Bareng, 3 ASN di Bantaeng 'Digulung' Polisi
    Cegah Wabah PMK. Polres Jember Kolaborasi Bersama  3 Pilar Lakukan Ini...
    Bupati Bantaeng Minta Tegakkan Aturan untuk Kasus Busur:  Kita Harap Jadi Shock Therapy Agar Kejadian Ini Tidak Terulang
    banner banner

    Follow Us

    Recommended Posts

    Ditreskrimum Dalami Kasus Pembunuhan Sadis Bermotif Pelepasan Ilmu Kanuragan
    Petani Kelapa Sawit Indonesia Terima Kasih ke Presiden Jokowi Karena Cabut Larangan Ekspor 
    Lakukan Pencurian Uang Nasabah Dengan Modus Skimming, Seorang WNA Ditangkap
    Polsek Ciptim Gencar Blue Light Patrol Antisipasi Tawuran, Begal, Balap Liar dan 3C
    Toleransi Umat Beragama Bhabinkamtibmas Polsek Balaraja, Mengamankan Sholat Jumat di Mesjid Al-Jihad Balaraja