Tingkatkan Kemampuan SAR, Personel Batalyon B Pelopor Brimob Banten Gelar Latihan Vertical Rescue

Tingkatkan Kemampuan SAR, Personel Batalyon B Pelopor Brimob Banten Gelar Latihan Vertical Rescue

KOTA SERANG - Untuk mengantisipasi bencana alam, kecelakaan yang terjadi, personel Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Banten gelar latihan Search and Rescue (SAR) di Tower Satbrimobda Banten, Kamis (07/01/2021).

Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan, latihan SAR ini dilaksanakan secara rutin untuk mengasah keterampilan anggota.

“Bencana bisa datang kapan saja, dan di mana saja, maka kesiapan anggota kita asah secara terus menerus, ” kata Dwi Yanto Nugroho.

Dwi Yanto Nugroho juga mengatakan selain tugas rutin pengaman dan patroli, anggota juga harus memiliki teknik dasar bertindak taktis jika ditugaskan untuk pertolongan seperti orang tercebur sumur, kecelakaan di jurang atau penyelamatan yang berkaitan dengan ketinggian.

"Kami dari Brimob Banten selalu mengasah kemampuan anggota dalam penanganan bencana alam maupun kecelakaan. Setidaknya, kemampuan teknik penyelamatan akan berguna, khususnya bagi diri sendiri anggota. Artinya, anggota juga perlu memperhitungkan keselamatan dirinya dan orang lain yang diselamatkan, guna meminimalisir jumlah korban akibat kecelakaan dan bencana, ” ujar Dwi Yanto Nugroho.

Lanjut Dwi Yanto Nugroho, "Kali ini personel Batalyon B Pelopor Brimob Banten latihan vertical rescue. Vertical rescue merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki personel SAR, mengingat dalam beberapa kasus baik kecelakaan maupun bencana membutuhkan kemampuan itu".

Dwi Yanto Nugroho juga menjelaskan jika latihan SAR ini selain untuk melatih kemampuan SAR personel, juga bertujuan untuk menjaga kebugaran personel agar maksimal dalam melaksanakan tugas ditengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Komandan Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Banten Kompol Septiono berpesan kepada anggota yang mengikuti latihan agar bersungguh-sungguh dalam latihan.

"Latihan ini cukup menguras tenaga, namun sudah menjadi kewajiban sebagai anggota untuk selalu mengamankan, mengayomi dan menyelamatkan korban dari kecelakaan dan bencana dengan cepat, namun kita juga tetap harus memperhatikan keselamatan diri sendiri, " ujar Septiono.

"Latihan penyelamatan korban dari titik terendah ke tinggi atau sebaliknya ini digelar bukan tanpa alasan. Latihan ini sebagai bekal untuk personel jika dihadapkan pada kasus-kasus penyelamatan yang membutuhkan kemampuan vertical rescue seperti orang tercebur sumur, kecelakaan di jurang atau penyelamatan yang berkaitan dengan ketinggian, " tutup Septiono.

Latihan ini dipimpin oleh Briptu Pratoto dan didampingi oleh Brigadir Lucky Candra serta diikuti oleh personel Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Banten lainnya. (Ay)

Sat Brimob Polda Banten Kota Serang SAR
Ayu Amalia

Ayu Amalia

Previous Article

Beri Imbauan Prokes, Personel Batalyon C...

Next Article

Perumahan Warga di Kota Serang, Disemprotkan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Ratnasari

Eka Putra

Eka Putra

Postingan Bulan ini: 7

Postingan Tahun ini: 164

Registered: Nov 20, 2020

Feri

Feri

Postingan Bulan ini: 5

Postingan Tahun ini: 5

Registered: Mar 2, 2021

Heryudin

Heryudin

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 15

Registered: Jul 10, 2020

Putra

Putra

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 27

Registered: Jul 21, 2020

Profle

Ratnasari

Kali Ini Pasar Kalipapan Rejo Jadi Target Ops Yustisi Oleh Sat Sabhara Polres Way Kanan
Satres Narkoba Way Kanan Tangkap Pengedar di Kampung Bumi Baru  
Bersama Gugus Covid 19, Polsek Kelapa Dua Bagikan Masker
Bentuk Kampung Tangguh 'Mopoteetu', TNI-Polri Bersama Forkopimda Buol Siap Lawan Virus Corona

Follow Us

Recommended Posts

Program PPKM Berskala Mikro, Polsek Kelapa Dua Bagikan Masker
Bersama Gugus Covid 19, Polsek Kelapa Dua Bagikan Masker
Polres Tangsel Jalin Kerjasama Dengan PCNU Tangsel 
Tingkat Penyebaran Virus Covid 19 Tinggi, Polsek Kelapa Dua Sigap Bagikan Masker
Polresta Bandara Soetta Bagikan 3000 Masker Kepada Pengemudi Taxi